Langsung ke konten utama

TOEFL Listening


A.    Pengertian TOEFL
TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan bentuk tes khusus Bahasa Inggris standar sebagai bahasa asing yang ditujukan kepada mereka yang bukan native speaker. Sedangkan tujuan utama diadakan TOEFL ini adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris seseorang menurut ukuran standar yang telah ditetapkan.[1]
Soal yang diujikan dalam TOEFL meliputi Listening Comprehension, Structure and Written, dan Reading Comprehension. Soal Listening dalam tes TOEFL bertujuan untuk menguji kemampuan dalam memahami Bahasa Inggris dalam bentuk ucapan atau lisan. Bagian Listening Comprehension terdiri dari 3 bentuk, yaitu :
1.      Bagian A terdiri dari 30 pertanyaan (Short Dialogue)
2.      Bagian B terdiri dari 7 sampai 8 pertanyaan (Long Conversation).
3.      Bagian C terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan (Talk).
B.     Bagian – Bagian TOEFL
1.      Short Conversation ( Percakapan Pendek )
Bagian ini terdiri dari percakapan-percakapan pendek antara dua orang (dialog), laki-laki dan perempuan. Percakapan ini biasanya bertemakan tentang kehidupan sehari-hari di Amerika serikat, mulai dunia kerja sampai lingkungan akademis. Berikut contoh percakapan pada part A.
Contoh:
Anda akan mendengar percakapan dari dua orang seperti berikut:
( man )      : What’s the matter? You don’t look too good.
(Woman)  : I was frightened by a loud noise.
(narrator)  : what does the woman mean?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
(A) She was not allowed to fight.
(B)  Something scared her.
(C)  She made a load noise that frightened some people.
(D) Some loud neighbors had a fight.
Jawaban (B) adalah yang paling tepat. I was frightened by a loud noise berarti ada sesuatu yang menakutinya.
Adapun kunci-kunci yang bisa Anda gunakan dalam menghadapi Part A Listening Comprehension adalah sebagai berikuy:
Kunci 5:
Fokuskan pendengaran Anda pada pembicaraan kedua.
Kebanyakan soal yang dipertanyakan pada Part A merupakan pertanyaan klarifikasi tentang apa yang diucapkan atau yang dimaksud oleh pembicara kedua. Ada beberapa bentuk pertanyaan yang biasa digunakan dalam Part A. Di antaranya pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:
Ø  What does the woman (man) mean?
Contoh:
(woman ) Did you or Elaine finish the assightment? I know she didn’t want to do it.
(man)        I made Elaine finish the assignment.
(narrator) What does the man mean?

Ø  What does the woman (man) say about (...)?
(Titik-titik di dalam tanda kurung biasanya berisikan objek yang mereka bicarakan, bisa berupa seseorang, sebuah tempat, barang tertentu, dan sebagainya.)
Contoh:
(woman)  Did Tim ever figure out what that word meant?
(man)        She had to look it up in an unabridge dictionary
(narrator) what does the man say about tim?

Ø  What does the woman (man) imply?
Contoh:
(man)       This television cost me fifty dollars
(woman)  Only fifty dollars? Mine cost a fortune
(narrator) WHAT DOES THE WOMAN IMPLY?

Ø  What has the man (woman) assumed?
Contoh:
(man)        Here’s the book that you asked me about
(woman)   So you did remember that I wanted to borrow it.
(narrator) WHAT HAD THE WOMAN ASSUMED?

Ø  What can be concluded about (...)?
(Titik-titik di antara tanda kurung biasanya berisikan tentang objek yang dibicarakan, yaitu seseorang tertentu.)
Contoh:
(woman)    I don’t know if Simon liked the apartment or not.
(man)          He said he like  it, but then he didn’t to sign the lease.
(narrator)   WHAT CAN BE CONCLUDED ABOUT SIMON?

Kunci 6:
Jangan panik bila tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplet. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.

Sekalipun tidak memahami percakapan secara komplet, Anda masih memiliki peluang untuk menjawab dengan benar. Ini dikarenakan soal yang dipertanyakan biasanya berupa ide utama dari percakapan. Sekali lagi, Anda hanya perlu untuk lebih fokus pada pembicara kedua. Kemudian, pilih jawaban yang merupakan pertanyaan ulang (restatement) dari pembicara kedua yang telah dipharaprase / diubah dalam kalimat lain.

Contoh:
(woman)    I hope you were able to be really productive today.
( man)         It was so hot that I couldn’t get any work done.
(narrator)   WHAT DOES THE MAN MEAN?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    He didn’t accomplish much because of the weather.
B.     It couldn’t be too hot to work.
C.     He completed a lot of work in spite of the weather.
D.    Unless it’s very hot, he doesn’t get much work done.

Anda hanya perlu mengingat kata “hot” dan “couldn’t get any work done”. Sekali lagi, soal yang ditanyakan hanya berupa restatement. Sehingga Anda akan memahami maksud pembicara kedua bahwa ia tidak bisa bekerja karena udara terlalu panas . Dengan kata lain, ia tidak bisa menyelesaikan tugasnya karena faktor cuaca. Jadi, Anda memilih jawaban (A). Mudah, bukan?
           
Kunci 7:
Bila Anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang diucapkan pembicara kedua, pilihan jawaban yang paling berbeda dari apa yang telah Anda dengar.

Ini sudah menjadi pola baku dalam tes TOEFL, di mana jawaban yang diinginkan biasanya menggunakan kata-kata yang sama sekali berbeda dengan apa yang diucapkan pembicara kedua. Karenanya, hindarilah memilih jawaban yang sama seperti yang telah Anda dengar dari pembicara kedua. Pola seperti ini hanya untuk mengecoh peserta tes.

Contoh:
(woman)      Is Nick going to work on the science project with us?
(man)           She prefers not to work on group projects.
(narrator)    WHAT DOES THE MAN SAY ABOUT NICKY?

Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    She’d rather work alone
B.     Group work is her preference
C.     She’s working on a project about group preferences
D.    She projected that the group wouldn’t work.

Pilihan yang paling berbeda dari apa yang diucapkan oleh pembicara kedua adalah jawaban (A). Bila Anda memilih  (A) tanpa mengetahui apa yang sesungguhnya dimaksud pembicara kedua, melainkan hanya melihat jawaban yang paling berbeda dari statement orang kedua, maka Anda tidak akan merugi. Sebab, jawaban yang Anda pilih benar.

Kunci 8:
Pahamilah bentuk-bentuk functional expression (aggrement, uncertainty, suggestion, surprise), idiomatic expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.
Listening Comprehension Part A berisikan pertanyaan-pertanyaan dengan pola- pola tertentu, seperti yang disajikan berikut: 
Ø  Functional Expression
Soal yang dipertanyakan biasanya merupakan pertanyaan-pertanyaan tertentu yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu, seperti persetujuan (agreement ), ketidakpastian (uncertainty), sugesti, dan keterkejutan (surprise).
Perhatikan contoh berikut:
1.      Persetujuan (Agreement)
(woman)    I never want to take another test like that again.
(man)          You can say that again
(narrator) WHAT DOES THE MAN MEAN?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    The woman is always talking about the test
B.     It’s all right if the woman keeps talking
C.     He would like the woman to repeat what she said
D.    He agrees that the exam was terrible
“You can say that again” mengidentifikasikan bahwa pembicara kedua (laki-laki) setuju bahwa ujian tersebut sulit (D).
2.      Ketidakpastian (uncertainty)
(woman)      Have u seen the announcement in the lobby?
(man)            What announcement  is that?
(narrator)      WHAT DOES THE MAN MEAN?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    He’s seen the announcement
B.     He isn’t sure what the announcement  means
C.     He’s uncertain where the lobby is
D.    He doesn’t know what she’s reffering to

Pertanyaan “What announcement is that?” oleh pembicara kedua menunjukkan bahwa ia tidak mengetahui secara pasti apa yang dimaksud /dibicarakan oleh pembicara pertama (D).
3.      Sugesti (Suggestion)
(man)      Is the lecture  tonight worth attending?
(woman) Without a doubt !
(narrator) WHAT DOES THE WOMAN SAY ABOUT THE LECTURE?

Pada lemabar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    She’s doubtful about the lecture
B.     She’s go to the lecture without her watch
C.     The worth of the lecture is uncertain
D.    She believes the walk will be valuable.
Dengan menggunakan ungkapan “without a doubt!” pembicara kedua ingin meyakinkan kepada pembicara pertama bahwa perkuliahan pada malam nanti akan sangat berharga (D).
4.      Keterkejutan (Surprise)
(man)     You know, Janson really didn’t do a good job on his   presentation.
(woman)   I couldn’t believe that he was unprepared!
(narrator)  WHATS DOES THE WOMAN SAY ABOUT JANSON?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    The amount that he prepared was unbelievable.
B.     She was surprised that he wasn’t ready.
C.     It was impossible to prepare for his presentation
D.    What he presented was unbelievable
Ungkapan yang digunakan oleh pembicara kedua mengekspresikan keterkejutannya atas ketidaksiapan Jandon dalam melakukan presentasi (B).
Ø  Idiomatic Expression
Idiomatic expression merupakan sekumpulan kata atau frasa yang membentuk arti tertentu sedemikian rupa sehingga tidak bisa diartikan kata per kata. Misalnya frasa “fly into a rage” sama sekali tidak berkaitan dengan makna “terbang” sebagaimana arti kata “fly”. Frasa ini berarti “menjadi sangat marah”.
Modela ini hampir bisa dipastikan dikeluarkan dalam setiap ujian TOEFL. Jadi sebaiknya Anda secara khusus mempelajari ungkapan-ungkapan idiomatik bahasa inggris yang terdapat pada buku yang secara khusus membahasa idiom atau kata-kata slang.
Perhatikan contoh soal berikut:
1.      (woman)    I asked Roger if he was going to help us, but he really didn’t answer my question .
(man)         Oh, he’s always beating around the bush
(narrator) WHAT DOES THE MAN SAY ABOUT ROGER?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    He never gives them any help
B.     He enjoys working in the garden
C.     He never gives direct answers
D.    He always beats them when they play.
Ungkapan “beating around the bush” digunakan untuk mengekspresikan bahwa Roger selalu memberikan jawaban dengan cara berbelit-belit atau dengan kata lain tidak pernah memberikan jawaban secara langsung (B).
2.      (man)       I haven’t taken the introductory course, But I’ve decided to take the advanced course anyway.
(woman)   I think you’re putting the chart before the Horse
(narrator)  WHAT DOES THE WOMAN MEAN?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    The man should take the advanced
B.     The man should attach the chart to the horse
C.     The man  is doing things in the wrong order
D.    The man would like learning to paint horses
Ungkapan “putting the chart before the horse” sama sekali tidak ada hubungan dengan “kuda” sebagaimana arti kata “horse”, melainkan untuk mendeskripsikan sesuatu yang tidak sesuai dengan aturan yang lazim (C)
Ø  Situasi
Soal-soal dalam part A juga sering kali menanyakan tentang situasi atau kondisi yang sedang dibicarakan oleh kedua pembicara. Biasanya berupa tempat, kemungkinan yang akan terjadi, atau tema yang sedang mereka bicarakan.
C  It was impossible to prepare for his  presentation
D  What he presented was unbelievable
Ungkapan yang digunakan oleh pembicara
Kedua mengekspresikan keterkejutannya atas ketidakpastian janson dalam melakukan presentasi (B)
                                                                     
Ø  Idiomatic Expression
Idiomatic expression merupakan sekumpulan kata atau frasa yang membentuk arti tertentu sedemikian rupa sehingga tidak bisa diartikan kata per kata. Misalnya frasa “fly”. Frasa ini berarti “menjadi sangat marah”.
Model ini hampir bisa dipastikan dikeluarkan dalam setiap ujian TOEFL. Jadi sebaiknya Anda secara khusus mempelajari ungkapan-ungkapan idiomatik bahasa inggris yang terdapat pada buku yang secara khusus membahas idiom atau kata-kata slang.
Perhatikan contoh soal berikut:
1.      (woman) I asked Roger if he was going to help us, but he really didn’t     answer my question.
(man) Oh, he’s always beating around the bush
(Narrator)  WHAT DOES THE MAN SAY ABOUT ROGER?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    He never gives them any help
B.     He enjoys working in the garden
C.     He never gives direct answers
D.    He always beats them when they play
Ungkapan “beating around the bush” digunakan untuk mengekspresikan bahwa Roger selalu memberikan jawaban dengan cara berbelit-belit atau dengan kata lain tidak pernah memberikan jawaban secara langsung (B).
2.      (man)    I haven’t taken the introductory course, but I’ve decided to take The advanced course anyway.
                              (woman) I think you’re putting the chart before the horse.
                              (narrator) WHAT DOES THE WOMAN MEAN?
Pada lembar soal anda akan mendapat pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    The man should take the advanced
B.     The man should attach the chart to the horse
C.     The man is doing things in the wrong order
D.    The man would like learning to paint hoerses
Ungkapan “putting the chart before the horse” sama sekali tidak ada hubungannya dengan “kuda” sebagaimana arti kata “horse”, melainkan untuk mendeskripsikan sesuatu yang tidak sesuai dengan aturan yang lazim (C).
Ø  Situasi
Soal-soal dalam part A juga sering kali menanyakan tentang situasi atau kondisi yang sedang dibicarakan oleh kedua pembicara. Biasanya berupa tempat, kemungkinan yang akan terjadi, atau tema yang sedang mereka bicarakan.
Contoh:
3.      (man)       Did you get the tickets?
(woman)  Yes, I did. Let’s go on in because the film’s
(narrator)  WHERE DOES THIS CONVERSATION PROBABLY TAKE PLACE?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.    At a sporting event
B.     In front of the police station
C.     In front of a movie theater
D.    At a film developer’s
Dengan menyimak ucapan pembicara kedua Anda akan mendapatkan jawaban yang benar, yaitu (C).
4.      ( man)    I’d  like to see the personnel manager, please
(woman) He’ll be in tomorrow at 10.00. would you like to make an appointment?
(narrator) WHAT WILL THE MAN PROBABLY DO?
Pada lembar soal Anda akan mendapat pilihan jawaban sebagai berikut:
A.      See the personnel manager immediately
B.     Wait for the personnel manager to arrive
C.     Arrange to meet with the personnel manager next day
D.    Break his appointment with the personnel manager.
Karena tidak berhasil menemui manager pada saat itu, kemungkinan yang paling besar bagi laki-laki tersebut adalah membuat janji untuk bertemu manager personalia pada hari berikutnya ( C ).

2.      Long Conversation ( Percakapan Panjang )
Long conversation atau percakapan panjang ini merujuk pada a long conversation diikuti dengan tiga atau empat pertanyaan.
Topik pembicaraannya lebih akademis dari pada part A, yaitu seputar: sejarah, ilmu pengetahuan, organisasi atau universitas, dan kadang-kadang anda perlu memperhatikan juga informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan/kuliah ini.
                        Jumlah soal antara tujuh sampai sembilan soal
a.      Strategi Menebak Jawaban pada Part B
1)      Jangan membuat catatan apapun tentang percakapan panjang atau kuliah.
2)      Jika anda sudah dapat menebak jawabannya, bila ada waktu lihatlah pilihan jawaban untuk soal berikutnya.
3)      Pertanyaan selalu mengikuti urutan informasi dalam percakapan panjang atau kuliah.
4)      Perhatikan fakta-fakta yang ada dalam percakapan panjang atau kuliah.
5)      Pahami keseluruhan arti pembicaraan panjang atau kuliah dari apa yang pembicara katakan.
6)      Pastikan bahwa anda kenal dengan tipe pertanyaan yang muncul dalam listening section seperti:
·         Where does the conversation take place? (diamana percakapan ini berlangsung?)
·         What is the main topic of this conversation? (apa topik pembicaraannya?)
·         What will the man/woman probably do the text? (apa yang kemungkinan pria/wanita ini lakukan?)
·         How did the man ge there? (bagaimana pria itu sampai kesana?)
7)      Pastikan anda dapat membedakan perbedaan pengucapan dari pada kata tanya seperti: who, when, where, dan how yang muncul dalam listening section.[2]
                  Testing point and exercise                                                        
                  Testing point yang termasuk di dalamnya adalah
a.      Restatement
Restatement ini biasa menyajikan percakapan antara dua orang. Narator akan meminta anda mengemukakan maksud dari pernyataan yang di sampaikan oleh salah satu speaker.
b.      Inference
Anda diminta untuk menarik kesimpulan berdasarkan pada sikap salah satu pembicara.
c.       Main idea
Untuk percakapan panjang atau diskusi, dan kuliah (pidato), anda diminta untuk mengidentifikasi main idea (gagasan utama) daripada pembicaraan itu. Apa yang pembicara katakan tentang sebuah pokok bahasan/topik.
d.      Subject or the actors
e.       Location

·         Contoh soal :
Conversation #4 (Barron’s:2000, p.633)

Man           : would you like a cup of coffee?
Woman      : yes, that would be good.
Man            : cream and sugar?
Woman       :  please
Man           : oh, no
Woman      : what the  matter?
Man            : This machine is out of order .
Woman      : Did you  lose your  money?
Man           : I sure did.
Woman      : You ought to complain. These machines are always out of order
Man           : Well, I still want a cup of coffee. Don’t you?
Woman      : Let’s go to the restaurant at the Student Center
Man            : I don’t know . the last time I was there, it was too crowded that I had  to wait almost an hour .
Woman       : Really, let’s go somewhere else then. I can’t be too long because I have a test at three o’clok.
Man            : Ok. Let’s go to the library. There is another  vending machine downstairs by the telephone.
1.      Main idea of the conversation.
What prompted the conversation?
a.       The speaker wanted coffee.
b.      The man lost money.
c.       The Student Center was Crowded.
d.      The woman needed to make a telephone call.
Jawab (A) The speakers wanted coffee.
·         Inti pembicaraan di atas adalah tentang coffee. Kedua pembicara ( speaker ) diatas menginginkan coffee.
2.      Inference
Why didn’t the couple go to the restaurant at the Student Center?
a.       They decided that they didn’t want any coffee.
b.      They thought that the Student  Center  would be closed.
c.       They thought that the Student  Center  would be crowded.
d.      The man lost his money in the vending machine.
Jawab  ( C ) They thought that the Student  Center  would be crowded.
·         Dapat disimpulkan bahwa mereka  tidak  jadi pergi ke  “ Student Center” kerena  mereka  mengira tempat tersebut mungkin sekali sangat sesak ( crowded)
3.      Topic the conversation
What do the speakers mainly discuss?
a.       The time.
b.      The money.
c.       The coffee.
d.      The test.
Jawab ( C ) the coffee
·         Topik yang di perbincangkan adalah coffee . bukan uang dan bukan tes.
4.      Restatement
Why did they decide to go to the library?
a.       To study for a test.
b.      To use the telephone.
c.       To complain about the vending machine.
d.      To get a cup of coffee from the vending machine.
Jawab ( D ) To get a cup of coffee from the vending machine.
·         Mereka pergi ke perpustakaan  bukan untuk belajar, akan  tetapi  ingin mendapatkan coffee dari vending machine yang ada di tangga dekat pesawat telepon umum. Hal ini telah jelas disebutkan di dalam dialog

3.      Talk (Part C)
Pada part C berisikan ceramah pendek ( a short lecture/ talk) dan setiap satu ceramah pendek akan diikuti oleh beberapa pertanyaan. Pada Part C, akan mendengar teks lisan, yakni kuliah/ceramah pendek ( a short lecture). Biasanya setelah kuliah atau ceramah pendek, kita akan mendengar tiga sampai tujuh pertanyaan. Teks lisan setiap ceramah terdiri atas 140 sampai 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi univesitas dan kadang-kadang kita perlu memerhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan,kuliah ini. Disini, kita memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu ceramah. Setelah ceramah selesai, kita akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali
Strategi :
Ø  Membaca jawaban terlebih dahulu
Ø  Mendengarkan baik-baik baris pertama pembicaraan karena tema biasanya ada pada baris pertama
Ø  Sewaktu mendengarkan ceramah, ikuti jawaban yang tesedia dan mencoba untuk menentukan jawaban.
Berikut ini adalah sebuah contoh soal serta script salah satu ceramah.
Direction
In Part C, you will hear several talks. After each talk, you will be asked some question. The talks and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says. When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.
Petunjuk
Pada bagian C, anda akan mendengar beberapa pembicaraan/ceramah. Setelah ceramah, anda akan diberi beberapa pertanyaan. Teks ceramah dan pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak akan ditunjukan secara tertulis kepada anda, karena itu anda harus mendengarkan secara cermat aga bisa memahami dan mengingat apa yang diucapkan oleh pembicara. Ketika anda mendengar sebuah pertanyaan, bacalah keempat pilihan jawaban di buku soal anda dan tentukan satu jawaban terbaik untuk pertanyaan di buku soal anda dan tentukan satu jawaban terbaik untuk pertanyaan yang telah anda dengar. Kemudian pada lembar jawab, temukan nomor soal dan hitamkan huruf yang cocok dengan pilihan jawabannya.

Script Suara Ceramah pada Part C
The reason we’re meeting today is to introduce to plan for our new office layout. Starting next month, instead of cubicles, we will have an open office. There will be no cubicle walls or partitions. Instead, desks will be arranged in clausters for each departement. The desks in each departement will be facing each other in clausters of four or six. We feel this will facilitate better communication between workers in each departement. It will also create a more welcoming environment for clients.
The department managers will still have their own offices, but each will have large windows and glass doors, to make employees and clients feel welcome to come inside. We’re also going to paint the walls and put in new carpeting. The project will start on the first of next month and should tae about three weeks to complete. We will be moving to the third floor during that period.
Script suara pertanyaan Narator
1.      What is the speaker mainly discussing?
2.      What does the speaker say about the new layout?
3.      What is NOT true about plans for the office?
Tulisan dalam buku tes anda
1.      A.  an office renovation
B.  building constuction
C.  a marketing campaign
D.  new cerpeting
2.      A. the desks will be facing away from each other
B. department managers will sit in cubicles
C. it will increase the number of sales to clients
D. it will improve employee communication
3.      A. the walls will be painted
B.  new carpeting will be installed
C. work will begin next year
D. the work will take three weeks

Jawaban yang tepat untuk soal-soal di atas adalah:
1.      Jawab: (A) an office renovation
Keyword: our new office layout
Pemahasan : dari kata kunci bisa diketahui bahwa kantor tersebut akan direnovasi
2.      Jawab: (D) it will improve employee communication
Keyword: will facilitate better communication
Pembahasan: frase “better communication” bermakna sama dengan “improve communication”
3.      Jawab: (C) work will begin next year
Keyword: not true; start on the first of next month
Pembahasan: karena pemulaannya bulan berikutnya dan membutuhkan waktu kira-kira tiga minggu, jadi pernyataan yang tidak benar adalah bahwa pekerjaan akan dimulai tahun depan.


[1] Pardiyono, Praktical Strategy For The Best Scores(Yogyakarta:ANDI OFFSET, 2005).hlm.1.
[2]Slamet Riyanto, The Quick Way to the Toefl Succes (yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2015), hlm.15-17

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syekh Abdul Qadir al-Jaelani - Jangan Bercita-cita Menjadi Kaya

Jangan Bercita – cita Menjadi Kaya Janganlah engkau bercita – cita menjadi kaya wahai orang – orang fakir, karena bisa jadi kekayaanmu menjadi sebab kebinasaanmu. Kekayaanmu bisa menjadi sebab berpalingnya engkau dari Allah SWT, kekayaanmu bisa menjadi sebab lalainya engkau terhadap Allah SWT. Dan janganlah engkau bercita – cita untuk sehat wahai orang yang sakit, boleh jadi kesehatanmu menjadi sebab kebinasaanmu. Hendaknya engkau menerima takdir yang menyertaimu, janganlah engkau meminta lebih darinya. Allah SWT memberikan apa saja kepadamu disebabkan oleh permintaanmu yang bercampur dengan kotoran dan kebencian. Hendaklah engkau meminta ampunan dan keselamatan di dunia dan di akhirat dalam doamu. Janganlah memilih – milih dan sombong terhadap Allah SWT karena itu dapat melemahkanmu. Dia bisa menghancurkanmu dan menyiksamu, maka janganlah menyombongkan kemudahan, kekuatan, dan kemudaanmu. Ketahuilah bahwa sesungguhnya siksa-Nya amat pedih. Betapa celakanya engkau , lidahmu m
Tips-Tips Praktis Menulis Fiksi Kabar baik buat para calon penulis seantero jagad raya. Siapa sih yang engga pengen jadi penulis hebat macam JK. Rowling, Goethe, Shakespeare, atau yang lainnya menurut versi kalian sendiri mungkin (Sebutin di komen, yah), punya banyak penggemar, famous , keren, dan banyak uang (pasti). Memang sih, kata banyak orang, menulis itu mudah. Tapi mungkin kalian bingung, soal bagaimana sih agar cerita menjadi menarik? atau bagaimana sih membuat pembaca tidak lekas bosan? dan lain-lain. Nah, kali ini akan saya sodorkan tips-tips praktis berbagai masalah menulis fiksi yang saya dapatkan dari hasil membaca Silabus Menulis Fiksi karya Pak Edi, owner DIVA Press itu, loh! Berikut uraiannya, selamat membaca! A.     Pembukaan cerita yang menggetarkan jiwa raga sepanjang hayat Pembukaan cerita memberi peran penting terhadap kemauan pembaca untuk membaca cerita anda. Pembukaan yang membosankan akan membuat pembaca segera menutup buku dan pergi ke lain hati, seda

Positive and Negative Sentence (kalimat positif dan kalimat negatif)

A.    Teori P ositive and N egative sentence Kalimat positif adalah sebuah kali m at yang menyetujui keterjadian sesuatu baik itu di masa yang lampau,sekarang atau yang akan datang. Ciri – ciri kalimat positif yakni didalam kalimat tersebut tidak terdapat kata not (tidak) dan juga bukan be r bentuk kalimat tanya . Contoh : saya belajar bahasa inggris Kalimat negative yaitu sebuah kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan pada suatu kejadian baik itu dimasa lampau, sekarang, ataupun masa yang akan datang. Ciri – ciri kalimat negatif yakni didalam kalimat tersebut terdapat kata not (tidak) dan juga bukan be r bentuk kalimat tanya. Contoh : saya tidak belajar bahasa inggris B.     Praktik dan Penerapan Positive and Negative Sentence 1.       Positive and Negative Sentence pada Simple Past Tense. Penerapan po s itive and negative sentence pada simple past tense . Simple past tense d igunakan untuk menyatakan suatu perbuatan , kejadian atau peristiwa ya