A.
Pengertian
TOEFL
TOEFL (Test of English as a Foreign
Language) merupakan bentuk tes khusus Bahasa Inggris standar sebagai bahasa
asing yang ditujukan kepada mereka yang bukan native speaker. Sedangkan tujuan
utama diadakan TOEFL ini adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan Bahasa
Inggris seseorang menurut ukuran standar yang telah ditetapkan.[1]
Soal yang
diujikan dalam TOEFL meliputi Listening Comprehension, Structure and
Written, dan Reading Comprehension. Soal Listening dalam tes TOEFL
bertujuan untuk menguji kemampuan dalam memahami Bahasa Inggris dalam bentuk
ucapan atau lisan. Bagian Listening Comprehension terdiri dari 3 bentuk,
yaitu :
1.
Bagian A terdiri dari 30 pertanyaan (Short
Dialogue)
2.
Bagian B terdiri dari 7 sampai 8 pertanyaan (Long
Conversation).
3.
Bagian C terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan (Talk).
B. Bagian – Bagian TOEFL
1. Short Conversation (
Percakapan Pendek )
Bagian
ini terdiri dari percakapan-percakapan pendek antara dua orang (dialog), laki-laki
dan perempuan. Percakapan ini biasanya bertemakan tentang kehidupan sehari-hari
di Amerika serikat, mulai dunia kerja sampai lingkungan akademis. Berikut
contoh percakapan pada part A.
Contoh:
Anda
akan mendengar percakapan dari dua orang seperti berikut:
( man
) : What’s the matter? You don’t
look too good.
(Woman) : I was frightened by a loud noise.
(narrator) : what
does the woman mean?
Pada
lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
(A) She was
not allowed to fight.
(B) Something
scared her.
(C) She made
a load noise that frightened some people.
(D) Some
loud neighbors had a fight.
Jawaban
(B) adalah yang paling tepat. I was frightened by a loud noise berarti ada
sesuatu yang menakutinya.
Adapun
kunci-kunci yang bisa Anda gunakan dalam menghadapi Part A Listening
Comprehension adalah sebagai berikuy:
Kunci 5:
Fokuskan
pendengaran Anda pada pembicaraan kedua.
Kebanyakan
soal yang dipertanyakan pada Part A merupakan pertanyaan klarifikasi tentang
apa yang diucapkan atau yang dimaksud oleh pembicara kedua. Ada beberapa bentuk
pertanyaan yang biasa digunakan dalam Part A. Di antaranya
pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:
Ø
What does the woman (man) mean?
Contoh:
(woman ) Did you or Elaine finish the
assightment? I know she didn’t want to do it.
(man) I made Elaine finish the assignment.
(narrator)
What does the man mean?
Ø What
does the woman (man) say about (...)?
(Titik-titik di dalam tanda kurung biasanya berisikan
objek yang mereka bicarakan, bisa berupa seseorang, sebuah tempat, barang
tertentu, dan sebagainya.)
Contoh:
(woman)
Did Tim ever figure out what that word meant?
(man)
She had to look it up in an unabridge dictionary
(narrator) what
does the man say about tim?
Ø
What does the woman (man) imply?
Contoh:
(man)
This television cost me fifty dollars
(woman)
Only fifty dollars? Mine cost a fortune
(narrator) WHAT
DOES THE WOMAN IMPLY?
Ø What has
the man (woman) assumed?
Contoh:
(man)
Here’s the book that you asked me about
(woman)
So you did remember that I wanted to borrow it.
(narrator)
WHAT HAD THE WOMAN ASSUMED?
Ø What can
be concluded about (...)?
(Titik-titik di antara tanda kurung biasanya
berisikan tentang objek yang dibicarakan, yaitu seseorang tertentu.)
Contoh:
(woman)
I don’t know if Simon liked the apartment or not.
(man)
He said he like it, but then he
didn’t to sign the lease.
(narrator)
WHAT CAN BE CONCLUDED ABOUT
SIMON?
Kunci 6:
Jangan panik bila tidak bisa memahami kata demi
kata dalam percakapan secara komplet. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi
percakapan.
Sekalipun tidak memahami percakapan secara
komplet, Anda masih memiliki peluang untuk menjawab dengan benar. Ini
dikarenakan soal yang dipertanyakan biasanya berupa ide utama dari percakapan.
Sekali lagi, Anda hanya perlu untuk lebih fokus pada pembicara kedua. Kemudian,
pilih jawaban yang merupakan pertanyaan ulang (restatement) dari pembicara
kedua yang telah dipharaprase / diubah dalam kalimat lain.
Contoh:
(woman)
I hope you were able to be really productive today.
( man)
It was so hot that I couldn’t get any work done.
(narrator)
WHAT DOES THE MAN MEAN?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan
jawaban sebagai berikut:
A. He
didn’t accomplish much because of the weather.
B. It
couldn’t be too hot to work.
C. He
completed a lot of work in spite of the weather.
D. Unless
it’s very hot, he doesn’t get much work done.
Anda hanya perlu mengingat kata “hot” dan
“couldn’t get any work done”. Sekali lagi, soal yang ditanyakan hanya berupa
restatement. Sehingga Anda akan memahami maksud pembicara kedua bahwa ia tidak
bisa bekerja karena udara terlalu panas . Dengan kata lain, ia tidak bisa
menyelesaikan tugasnya karena faktor cuaca. Jadi, Anda memilih jawaban (A).
Mudah, bukan?
Kunci 7:
Bila Anda sama sekali tidak bisa memahami apa
yang diucapkan pembicara kedua, pilihan jawaban yang paling berbeda dari apa
yang telah Anda dengar.
Ini sudah menjadi pola baku dalam tes TOEFL, di
mana jawaban yang diinginkan biasanya menggunakan kata-kata yang sama sekali
berbeda dengan apa yang diucapkan pembicara kedua. Karenanya, hindarilah
memilih jawaban yang sama seperti yang telah Anda dengar dari pembicara kedua.
Pola seperti ini hanya untuk mengecoh peserta tes.
Contoh:
(woman)
Is Nick going to work on the science project with us?
(man)
She prefers not to work on group projects.
(narrator)
WHAT DOES THE MAN SAY ABOUT
NICKY?
Pada lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan
jawaban sebagai berikut:
A. She’d
rather work alone
B. Group
work is her preference
C. She’s
working on a project about group preferences
D. She
projected that the group wouldn’t work.
Pilihan yang paling berbeda dari apa yang
diucapkan oleh pembicara kedua adalah jawaban (A). Bila Anda memilih (A) tanpa mengetahui apa yang sesungguhnya
dimaksud pembicara kedua, melainkan hanya melihat jawaban yang paling berbeda
dari statement orang kedua, maka Anda tidak akan merugi. Sebab, jawaban yang
Anda pilih benar.
Kunci 8:
Pahamilah bentuk-bentuk functional expression
(aggrement, uncertainty, suggestion, surprise), idiomatic expression, dan
situasi ketika pembicaraan dilakukan.
Listening Comprehension Part A berisikan
pertanyaan-pertanyaan dengan pola- pola tertentu, seperti yang disajikan
berikut:
Ø Functional Expression
Soal yang dipertanyakan biasanya merupakan
pertanyaan-pertanyaan tertentu yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu,
seperti persetujuan (agreement ), ketidakpastian (uncertainty), sugesti, dan
keterkejutan (surprise).
Perhatikan contoh berikut:
1.
Persetujuan (Agreement)
(woman) I never want to take another test like that
again.
(man) You can say that again
(narrator)
WHAT DOES THE MAN MEAN?
Pada
lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
The woman is always talking about the test
B. It’s all
right if the woman keeps talking
C. He would
like the woman to repeat what she said
D.
He agrees that the exam was terrible
“You can
say that again” mengidentifikasikan bahwa pembicara kedua (laki-laki) setuju
bahwa ujian tersebut sulit (D).
2.
Ketidakpastian (uncertainty)
(woman) Have u seen the announcement in the lobby?
(man) What announcement is that?
(narrator) WHAT
DOES THE MAN MEAN?
Pada
lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
He’s seen the announcement
B. He isn’t
sure what the announcement means
C. He’s
uncertain where the lobby is
D. He
doesn’t know what she’s reffering to
Pertanyaan
“What announcement is that?” oleh pembicara kedua menunjukkan bahwa ia tidak
mengetahui secara pasti apa yang dimaksud /dibicarakan oleh pembicara pertama
(D).
3.
Sugesti (Suggestion)
(man) Is the lecture tonight worth attending?
(woman)
Without a doubt !
(narrator)
WHAT DOES THE WOMAN SAY ABOUT THE
LECTURE?
Pada
lemabar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
She’s doubtful about the lecture
B. She’s go
to the lecture without her watch
C. The
worth of the lecture is uncertain
D.
She believes the walk will be valuable.
Dengan
menggunakan ungkapan “without a doubt!” pembicara kedua ingin meyakinkan kepada
pembicara pertama bahwa perkuliahan pada malam nanti akan sangat berharga (D).
4.
Keterkejutan (Surprise)
(man) You know, Janson really didn’t do a good
job on his presentation.
(woman) I couldn’t believe that he was unprepared!
(narrator) WHATS
DOES THE WOMAN SAY ABOUT JANSON?
Pada
lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
The amount that he prepared was unbelievable.
B. She was
surprised that he wasn’t ready.
C. It was
impossible to prepare for his presentation
D.
What he presented was unbelievable
Ungkapan
yang digunakan oleh pembicara kedua mengekspresikan keterkejutannya atas
ketidaksiapan Jandon dalam melakukan presentasi (B).
Ø
Idiomatic Expression
Idiomatic expression merupakan sekumpulan kata
atau frasa yang membentuk arti tertentu sedemikian rupa sehingga tidak bisa
diartikan kata per kata. Misalnya frasa “fly into a rage” sama sekali tidak
berkaitan dengan makna “terbang” sebagaimana arti kata “fly”. Frasa ini berarti
“menjadi sangat marah”.
Modela ini hampir bisa dipastikan dikeluarkan
dalam setiap ujian TOEFL. Jadi sebaiknya Anda secara khusus mempelajari
ungkapan-ungkapan idiomatik bahasa inggris yang terdapat pada buku yang secara
khusus membahasa idiom atau kata-kata slang.
Perhatikan contoh soal berikut:
1.
(woman) I
asked Roger if he was going to help us, but he really didn’t answer my question
.
(man) Oh, he’s always beating around the bush
(narrator)
WHAT DOES THE MAN SAY ABOUT ROGER?
Pada
lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
He never gives them any help
B. He
enjoys working in the garden
C. He never
gives direct answers
D.
He always beats them when they play.
Ungkapan
“beating around the bush” digunakan untuk mengekspresikan bahwa Roger selalu
memberikan jawaban dengan cara berbelit-belit atau dengan kata lain tidak
pernah memberikan jawaban secara langsung (B).
2.
(man)
I haven’t taken the introductory course, But I’ve decided to take the
advanced course anyway.
(woman) I think you’re putting the chart before the
Horse
(narrator) WHAT
DOES THE WOMAN MEAN?
Pada
lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
The man should take the advanced
B. The man
should attach the chart to the horse
C. The
man is doing things in the wrong order
D.
The man would like learning to paint horses
Ungkapan
“putting the chart before the horse” sama sekali tidak ada hubungan dengan
“kuda” sebagaimana arti kata “horse”, melainkan untuk mendeskripsikan sesuatu
yang tidak sesuai dengan aturan yang lazim (C)
Ø
Situasi
Soal-soal
dalam part A juga sering kali menanyakan tentang situasi atau kondisi yang
sedang dibicarakan oleh kedua pembicara. Biasanya berupa tempat, kemungkinan
yang akan terjadi, atau tema yang sedang mereka bicarakan.
C It was impossible to prepare for his presentation
D What he presented was unbelievable
Ungkapan
yang digunakan oleh pembicara
Kedua
mengekspresikan keterkejutannya atas ketidakpastian janson dalam melakukan presentasi
(B)
Ø
Idiomatic Expression
Idiomatic
expression merupakan sekumpulan kata atau frasa yang membentuk arti tertentu
sedemikian rupa sehingga tidak bisa diartikan kata per kata. Misalnya frasa
“fly”. Frasa ini berarti “menjadi sangat marah”.
Model
ini hampir bisa dipastikan dikeluarkan dalam setiap ujian TOEFL. Jadi sebaiknya
Anda secara khusus mempelajari ungkapan-ungkapan idiomatik bahasa inggris yang
terdapat pada buku yang secara khusus membahas idiom atau kata-kata slang.
Perhatikan
contoh soal berikut:
1.
(woman) I asked Roger if he was going to help
us, but he really didn’t answer my
question.
(man) Oh, he’s always beating around the bush
(Narrator)
WHAT DOES THE MAN SAY ABOUT ROGER?
Pada
lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
He never gives them any help
B. He
enjoys working in the garden
C. He never
gives direct answers
D.
He always beats them when they play
Ungkapan
“beating around the bush” digunakan untuk mengekspresikan bahwa Roger selalu
memberikan jawaban dengan cara berbelit-belit atau dengan kata lain tidak
pernah memberikan jawaban secara langsung (B).
2.
(man)
I haven’t taken the introductory course, but I’ve decided to take The
advanced course anyway.
(woman) I think you’re putting the
chart before the horse.
(narrator) WHAT DOES THE WOMAN MEAN?
Pada
lembar soal anda akan mendapat pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
The man should take the advanced
B. The man
should attach the chart to the horse
C. The man
is doing things in the wrong order
D.
The man would like learning to paint hoerses
Ungkapan
“putting the chart before the horse” sama sekali tidak ada hubungannya dengan
“kuda” sebagaimana arti kata “horse”, melainkan untuk mendeskripsikan sesuatu
yang tidak sesuai dengan aturan yang lazim (C).
Ø
Situasi
Soal-soal
dalam part A juga sering kali menanyakan tentang situasi atau kondisi yang
sedang dibicarakan oleh kedua pembicara. Biasanya berupa tempat, kemungkinan
yang akan terjadi, atau tema yang sedang mereka bicarakan.
Contoh:
3.
(man)
Did you get the tickets?
(woman)
Yes, I did. Let’s go on in because the film’s
(narrator)
WHERE DOES THIS CONVERSATION PROBABLY TAKE
PLACE?
Pada
lembar soal Anda akan mendapatkan pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
At a sporting event
B. In front
of the police station
C. In front
of a movie theater
D.
At a film developer’s
Dengan
menyimak ucapan pembicara kedua Anda akan mendapatkan jawaban yang benar, yaitu
(C).
4.
( man)
I’d like to see the personnel
manager, please
(woman) He’ll be in tomorrow at 10.00. would
you like to make an appointment?
(narrator) WHAT
WILL THE MAN PROBABLY DO?
Pada
lembar soal Anda akan mendapat pilihan jawaban sebagai berikut:
A.
See the
personnel manager immediately
B. Wait for
the personnel manager to arrive
C. Arrange
to meet with the personnel manager next day
D.
Break his appointment with the personnel
manager.
Karena
tidak berhasil menemui manager pada saat itu, kemungkinan yang paling besar
bagi laki-laki tersebut adalah membuat janji untuk bertemu manager personalia
pada hari berikutnya ( C ).
2. Long Conversation (
Percakapan Panjang )
Long
conversation atau percakapan panjang ini merujuk pada a long conversation diikuti dengan tiga atau empat pertanyaan.
Topik
pembicaraannya lebih akademis dari pada part A, yaitu seputar: sejarah, ilmu
pengetahuan, organisasi atau universitas, dan kadang-kadang anda perlu
memperhatikan juga informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat
dalam percakapan/kuliah ini.
Jumlah soal antara tujuh sampai sembilan soal
a. Strategi Menebak Jawaban
pada Part B
1)
Jangan membuat catatan apapun
tentang percakapan panjang atau kuliah.
2)
Jika anda sudah dapat menebak
jawabannya, bila ada waktu lihatlah pilihan jawaban untuk soal berikutnya.
3)
Pertanyaan selalu mengikuti urutan
informasi dalam percakapan panjang atau kuliah.
4)
Perhatikan fakta-fakta yang ada
dalam percakapan panjang atau kuliah.
5)
Pahami keseluruhan arti
pembicaraan panjang atau kuliah dari apa yang pembicara katakan.
6)
Pastikan bahwa anda kenal dengan
tipe pertanyaan yang muncul dalam listening section seperti:
·
Where does the conversation
take place? (diamana percakapan ini
berlangsung?)
·
What is the main topic of
this conversation? (apa topik
pembicaraannya?)
·
What will the man/woman
probably do the text? (apa yang
kemungkinan pria/wanita ini lakukan?)
·
How did the man ge there? (bagaimana pria itu sampai kesana?)
7) Pastikan anda dapat membedakan perbedaan pengucapan dari pada
kata tanya seperti: who, when, where, dan how yang muncul dalam listening
section.[2]
Testing point and exercise
Testing point yang termasuk di dalamnya
adalah
a.
Restatement
Restatement ini biasa menyajikan percakapan
antara dua orang. Narator akan meminta anda mengemukakan maksud dari pernyataan
yang di sampaikan oleh salah satu speaker.
b.
Inference
Anda diminta untuk menarik kesimpulan
berdasarkan pada sikap salah satu pembicara.
c.
Main idea
Untuk
percakapan panjang atau diskusi, dan kuliah (pidato), anda diminta untuk
mengidentifikasi main idea (gagasan
utama) daripada pembicaraan itu. Apa yang pembicara katakan tentang sebuah
pokok bahasan/topik.
d.
Subject or the actors
e.
Location
·
Contoh soal :
Conversation #4 (Barron’s:2000, p.633)
Man : would you like a cup of coffee?
Woman : yes, that would be good.
Man : cream and sugar?
Woman : please
Man :
oh, no
Woman :
what the matter?
Man : This machine is out of order .
Woman : Did you
lose your money?
Man : I sure did.
Woman : You ought to complain. These machines
are always out of order
Man : Well, I still want a cup of coffee. Don’t you?
Woman : Let’s go to the restaurant at the
Student Center
Man : I don’t know . the last time I was
there, it was too crowded that I had to
wait almost an hour .
Woman : Really, let’s go somewhere else then. I
can’t be too long because I have a test at three o’clok.
Man : Ok. Let’s go to the library. There
is another vending machine downstairs by
the telephone.
1. Main idea of the conversation.
What prompted the
conversation?
a. The speaker wanted coffee.
b. The man lost money.
c. The Student Center was Crowded.
d.
The woman needed to make a
telephone call.
Jawab (A) The speakers wanted coffee.
·
Inti pembicaraan di atas
adalah tentang coffee. Kedua
pembicara ( speaker ) diatas menginginkan coffee.
2. Inference
Why didn’t the couple go
to the restaurant at the Student Center?
a. They decided that they didn’t want any coffee.
b. They thought that the Student Center
would be closed.
c. They thought that the Student
Center would be crowded.
d. The man lost his money in the vending machine.
Jawab ( C ) They thought that the Student Center
would be crowded.
·
Dapat disimpulkan bahwa
mereka tidak jadi pergi ke
“ Student Center” kerena mereka mengira tempat tersebut mungkin sekali sangat
sesak ( crowded)
3.
Topic the conversation
What do the speakers mainly discuss?
a.
The time.
b. The money.
c. The coffee.
d. The test.
Jawab ( C ) the coffee
·
Topik yang di perbincangkan
adalah coffee . bukan uang dan bukan
tes.
4. Restatement
Why did they decide to go
to the library?
a. To study for a test.
b. To use the telephone.
c. To complain about the vending machine.
d. To get a cup of coffee from the vending machine.
Jawab ( D ) To get a cup
of coffee from the vending machine.
·
Mereka pergi ke
perpustakaan bukan untuk belajar,
akan tetapi ingin mendapatkan coffee dari vending machine
yang ada di tangga dekat pesawat telepon umum. Hal ini telah jelas disebutkan
di dalam dialog
3.
Talk
(Part C)
Pada part C berisikan ceramah pendek (
a short lecture/ talk) dan setiap satu ceramah pendek akan diikuti oleh
beberapa pertanyaan. Pada Part C, akan mendengar teks lisan, yakni
kuliah/ceramah pendek ( a short lecture). Biasanya setelah kuliah atau ceramah
pendek, kita akan mendengar tiga sampai tujuh pertanyaan. Teks lisan setiap
ceramah terdiri atas 140 sampai 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80
detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan
materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi
univesitas dan kadang-kadang kita perlu memerhatikan informasi yang berkaitan
dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan,kuliah ini. Disini, kita
memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu
ceramah. Setelah ceramah selesai, kita akan mendengar beberapa pertanyaan yang
diucapkan sekali
Strategi :
Ø
Membaca jawaban terlebih dahulu
Ø
Mendengarkan baik-baik baris pertama
pembicaraan karena tema biasanya ada pada baris pertama
Ø
Sewaktu mendengarkan ceramah, ikuti jawaban
yang tesedia dan mencoba untuk menentukan jawaban.
Berikut ini adalah sebuah contoh soal
serta script salah satu ceramah.
Direction
In Part C, you will hear several talks.
After each talk, you will be asked some question. The talks and questions will
be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have
to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says.
When you hear a question, read the four possible answers in your test book and
decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then,
on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that
corresponds to the letter of the answer you have chosen.
Petunjuk
Pada bagian C, anda akan mendengar
beberapa pembicaraan/ceramah. Setelah ceramah, anda akan diberi beberapa
pertanyaan. Teks ceramah dan pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak akan ditunjukan
secara tertulis kepada anda, karena itu anda harus mendengarkan secara cermat
aga bisa memahami dan mengingat apa yang diucapkan oleh pembicara. Ketika anda
mendengar sebuah pertanyaan, bacalah keempat pilihan jawaban di buku soal anda
dan tentukan satu jawaban terbaik untuk pertanyaan di buku soal anda dan
tentukan satu jawaban terbaik untuk pertanyaan yang telah anda dengar. Kemudian
pada lembar jawab, temukan nomor soal dan hitamkan huruf yang cocok dengan
pilihan jawabannya.
Script Suara Ceramah pada Part C
The reason we’re meeting today is to
introduce to plan for our new office layout. Starting next month, instead of
cubicles, we will have an open office. There will be no cubicle walls or
partitions. Instead, desks will be arranged in clausters for each departement.
The desks in each departement will be facing each other in clausters of four or
six. We feel this will facilitate better communication between workers in each
departement. It will also create a more welcoming environment for clients.
The department managers will still have
their own offices, but each will have large windows and glass doors, to make
employees and clients feel welcome to come inside. We’re also going to paint
the walls and put in new carpeting. The project will start on the first of next
month and should tae about three weeks to complete. We will be moving to the
third floor during that period.
Script suara pertanyaan Narator
1.
What is the speaker mainly discussing?
2.
What does the speaker say about the new
layout?
3.
What is NOT true about plans for the office?
Tulisan dalam buku tes anda
1.
A. an
office renovation
B.
building constuction
C. a
marketing campaign
D. new
cerpeting
2.
A. the desks will be facing away from each
other
B. department managers will sit in cubicles
C. it will increase the number of sales to
clients
D. it will improve employee communication
3.
A. the walls will be painted
B.
new carpeting will be installed
C. work will begin next year
D. the work will take three weeks
Jawaban yang tepat untuk soal-soal di
atas adalah:
1.
Jawab: (A) an office renovation
Keyword: our new office layout
Pemahasan : dari kata kunci bisa diketahui
bahwa kantor tersebut akan direnovasi
2. Jawab:
(D) it will improve employee communication
Keyword: will facilitate better communication
Pembahasan: frase “better communication”
bermakna sama dengan “improve communication”
3. Jawab:
(C) work will begin next year
Keyword: not true; start on the first of next
month
Pembahasan: karena pemulaannya bulan
berikutnya dan membutuhkan waktu kira-kira tiga minggu, jadi pernyataan yang
tidak benar adalah bahwa pekerjaan akan dimulai tahun depan.
[1]
Pardiyono, Praktical Strategy For The Best Scores(Yogyakarta:ANDI
OFFSET, 2005).hlm.1.
[2]Slamet
Riyanto, The Quick Way to the Toefl
Succes (yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2015), hlm.15-17
Komentar
Posting Komentar